Ngerii, Suzuki RK67 Cuma 50CC Bisa Tembus 170 KPJ



VIABOLA - Sejarah membuktikan pabrikan berlogo huruf ‘S’ ini dulunya memang terdepan dalam hal inovasi.



Di era ’60-an, kala balapan MotoGP hadir dengan nama World Grand Prix, Suzuki pernah menjadi juara dunia dengan menggunakan motor dengan 14 percepatan.

Yap, 14 percepatan yang memandu mesin berkapasitas 50 cc 2-tak melaju hingga kecepatan puncak 170 km/jam.

Di kelas inilah justru persaingan antar pabrikan sangat ketat, pada kelas dengan kapasitas paling rendah ini Suzuki berhasil menjadi juara dunia pada 1966-1968 menggunakan motor dengan 14 percepatan.

Inovasi transmisi dengan 14 percepatan dari pabrikan Suzuki pada 1965 membuat publik di dunia balap motor tercengang.


Dinamai Suzuki RK67, motor ini lahir semata-mata karena himpitan dari merajalelanya pabrikan Honda di kelas 50 cc.

Honda yang kala itu menggunakan mesin 4 langkah yang kompak dan ringkas berhasil merajai kelas paling cilik di gelaran World Grand Prix.

Mengandalkan mesin dua langkah dengan dua silinder segaris berkapasitas 50 cc tentu membuat komponen di motor bakar sangat kecil ukurannya, bore alias diameter piston hanya 32,5 mm yang berpadu dengan stroke atau langkah piston sepanjang 30 mm.

Meski diameter dan langkah yang mungil, jangan kaget jika Suzuki RK67 dapat mengail putaran mesin sampai dengan 17.000 rpm.

Dengan powerband yang sempit di putaran atas membuat para insinyur Suzuki mensiasati dengan memasang transmisi 14 kecepatan.

Maksudnya ialah agar mesin terus berkitir di putaran idealnya dengan cara membuat rapat perbandingan gigi transmisi.

Efeknya ialah jumlah gigi percepatan menjadi 14 percepatan agar mampu melarikan motor sampai batas maksimalnya.

Publik makin terkejut sekaligus terkesan ketika Suzuki RK67 yang mengandalkan teknologi liquid cooler atau pendingin cair mampu mendominasi WorldGP kelas 50 cc pada tahun 1966 – 1968 lewat besutan pebalap asal Jerman, Hans-Georg Anscheidt.


Meski sektor mesin memiliki spesifikasi fantastis, sektor lainnya seperti rangka juga dijejali teknologi mutakhir di eranya.

Sebut saja rangka yang terbuat dari alumunium, sehingga bobot kosong Suzuki RK67 hanya 58 kg, dengan segala kecanggihan tersebut motor ini sanggup berlari lebih dari 170 km/jam.

Kecepatan fantastis untuk sebuah mesin berkapasitas 50 cc.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.